Aqiqah & Kambing Guling

Jasa Aqiqah Purbalingga

Rasulullah Shallallahu a’layhi wa Sallam bersabda, “Seorang anak terikat dengan aqiqah. Tumpahkanlah darah untuknya dan bersihkanlah kotoran darinya.

Imam Malik bin Anas rahumahullah mengatakan, “Aqiqah tidka wajib hukumnya. Tetapi, disunnahkan untuk mengerjakannya. Karena, merupakan amalan yang menurut kami sampai sekarang masih terus dilakukan.” Aqiqah memiliki bermacam hikmah dan manfaat salah satunya adalah berlemah lembut dalam mengumumkan kabar tentang garis keturunan si bayi. Sebab, hal ini memang harus diberitahukan kepada khalayak supaya tidak terjadi firnah di kemudian hari. Disamping itu, juga tidak baik kalau si anak dibawa berkeliling di kampung-kampung hanya sekedar untuk memberitahukan garis keturunannya. Oleh karenanya, inilah salah satu cara yang paling tepat untuk dilakukannya. Manfaat lain adalah memupuk sikap kedermawanan dan menekan sifat kikir.

Waktu yang disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah ialah pada hari ketujuh kelahiran seperti yang dicontoh oleh Rasulullah Shallallahu a’layhi wa Sallam saat mengaqiqahi Hasan dan Husain. Saat melaksanakan aqiqah, pemanfaatan hewan aqiqah setelah disembelih menurut para ulama sama dengan hukum hewan qurban dari sisi pemanfaatannya. Anggota keluarga boleh mengkonsumsi daging aqiqah dan dibagi-bagikannya. Banyak kalangan ulama menganjurkan untuk tidak menyedekahkan daging segar seperti saat pembagian hewan qurban. Lebih baik dimasak terlebih dahulu kemudian menyedekahkannya.

Untuk memudahkan para orangtua untuk menunaikan aqiqah, kami sebagai jasa layanan aqiqah yang insya Allah sudah sesuai syariat, menyediakan berbagai pilihan paket dan menu dengan harga yang bersahabat.

Pusat kami ada di Purwokerto, tepatnya Jl. Jend. Sutoyo 2 No.9 Sawangan, Purwokerto . Untuk layanan, kami sudah melayani berbagai daerah dan kota-kota di Purwokerto, Jasa Aqiqah Purbalingga, Jasa Aqiqah Banjarnegara, Jasa Aqiqah Cilacap, Jasa Aqiqah Kebumen dan Jasa Aqiqah Bumiayu.

Terbaru

Rasulallah Teladan Menunaikan Aqiqah

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu berkata yang artinya, “Rasulallah Shallallahu ‘alayhi…

Jasa Aqiqah Purbalingga

Rasulullah Shallallahu a’layhi wa Sallam bersabda, “Seorang anak terikat dengan…

Aqiqah untuk anak kembar

Jika seorang wanita melahirkan bayi kembar, bagaimana mengaqiqahinya ?

Para…

Hukum Mengaqiqahkan Orang Tua

 

Hukum mengaqiqahkan orang tua tidaklah dilarang, asalkan syarat dan sah…