Aqiqah & Kambing Guling

Hal Yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Aqiqah

Buat Bunda yang sedang merencanakan acara Aqiqah, masih bingung atau sudah ada gambaran ?

Kalau Bunda sudah pernah melangsungkan acara Aqiqah mungkin tidak akan bingung-bingung lagi untuk merencanakan acara yang satu ini. Tapi kalau Bunda masih awam dengan acara Aqiqah, tentunya akan bingung dalam mempersiapkannya.

Saran kami, sebaiknya diskusikan dulu dengan orangtua dan suami. Sebab, pengalaman orangtua itu tidak pernah berbohong, kalau sudah tanya dan masih juga bingung garis besarnya, berikut ini kami ulas  garis besar acara Aqiqah

1. Rencanakan Anggaran dengan Baik Sedari Awal

Untuk merencanakan anggaran dengan baik, maka ada baiknya Bunda merencanakan detailnya dengan membuat jadwal penyelenggaraan aqiqah. Bunda bisa merencanakannya melalui hari perkiraan lahir bayi. Acara Aqiqah yang sesuai anjuran agama Islam, dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ke – 7, ke – 14 dan ke – 21 setelah kelahiran. Atau bisa juga di hari yang lain.

Dengan merencanakan tanggal pelaksanaan aqiqah, maka Bunda pun akan lebih mudah untuk menjabarkan keperluan lain. Dengan begitu Bunda

akan lebih mungkin memenuhi anggaran biaya yang kamu perlukan, karena ada jangka waktunya.

2. Tentukan Konsep Aqiqahnya

Kalau Bunda pengen menyelenggarakan acara aqiqah yang terjangkau, sebaiknya Bunda juga harus mikirin konsepnya. Karena konsep acara akan banyak berpengaruh pada anggaran biaya yang Bunda keluarkan. Semakin sederhana konsep yang diusung untuk acara Aqiqah-mu, maka biaya yang dibutuhkan pun akan semakin sedikit.

Ada baiknya memilih konsep acara aqiqah yang sederhana namun tetap memiliki makna yang sama. Biasanya, di dalam acara aqiqah perlu untuk menghadirkan seorang ustadz untuk dapat membersamai dan memimpin acara do'a bersama di dalam acara Aqiqah tersebut. Ada baiknya undang ustadz yang ada di sekitar tempat tinggal saja. Selain lebih dekat, kemungkinan juga akan lebih menghemat anggaran untuk acara Aqiqah-mu.

3. Undangan Secukupnya Saja

Usahakan untuk tidak mengundang terlalu banyak orang di dalam acara aqiqah. Sebab, banyaknya tamu undangan akan membuat kewelahan untuk menyediakan jamuan dan hal ini akan membuat anggaran acara Aqiqah membengkak. 

Hal yang perlu diingat adalah, di dalam acara Aqiqah harus menyembelih kambing atau domba. Ada baiknya, Bunda memastikan daging kambing yang sediakan tersebut cukup untuk tamu undangan yang hadir di dalam acara Aqiqah tersebut.

4. Pilih Jasa Aqiqah yang Cocok

Kalau jaman dulu, orang akan ribet mempersiapkan acara aqiqah mereka di rumah. Dengan menyelenggarakan acara aqiqah di rumah, tentu akan menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga. Karena tentu harus masak dan mempersiapkan daging kambing sendiri.

Namun, seiring perkembangan jaman, Bunda tidak perlu ribet mikirin itu. Bunda bisa order sesuai dengan keinginan melalui jasa catering atau jasa Aqiqah di PADI Aqiqah. Masih belum ppaham perbedaan dua jasa ini? Kalau catering, biasanya belum tentu menyediakan paket makanan aqiqah. Tapi kalau jasa Aqiqah, pasti sudah tentu.

Kalau di tempat kami sudah tersedia semua paketnya, mulai dari kambing, nasi box, sanck dan bubur merah putih.

5. Siapkan Dekorasi, Tenda dan Soundsystem

Di acara aqiqah, ada beberapa orang yang ingin memeriahkan acara dengan menggunakan dekorasi. Tapi, Bunda bisa mensiasatinya dengan menggunakan dekorasi bikinan sendiri yang simpel. Justu dengan membuat dekorasi yang sederhana dan khas Bunda akan malah menonjolkan keunikan acara Aqiqah Bunda.

Kalau tenda, Bunda bisa sewa ngga harus beli~~ mahal kan ya..

Info & Pemesanan Aqiqah:

Tlpn/SMS/WA: 081 230 442 972

Kantor layanan: Jl. Jend. Sutoyo 2 No.9 Sawangan, Purwokerto

Website: www.aqiqahpurwokerto.com

  www.padiaqiqah.com

Instagram: @padiaqiqahpurwokerto
Sumber: Hipwee.com

Terbaru

Rasulallah Teladan Menunaikan Aqiqah

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu berkata yang artinya, “Rasulallah Shallallahu ‘alayhi…

Jasa Aqiqah Purbalingga

Rasulullah Shallallahu a’layhi wa Sallam bersabda, “Seorang anak terikat dengan…

Aqiqah untuk anak kembar

Jika seorang wanita melahirkan bayi kembar, bagaimana mengaqiqahinya ?

Para…

Hukum Mengaqiqahkan Orang Tua

 

Hukum mengaqiqahkan orang tua tidaklah dilarang, asalkan syarat dan sah…