Aqiqah & Kambing Guling

Tips dari Rasulullah SAW dalam Memilih Pasangan

Rasulullah SAW bersabda,  “Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Hadits di atas menunjukan tentang kriteria calon istri yang tepat untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih pasangan hidup. Begini penjelasannya:

1. Karena Kekayaannya

Kekayaan berupa harta benda memang sangat menarik untuk dijadikan alasan seseorang memilih pasangan hidupnya. Dengan harta semua kebutuhan bisa terpenuhi dan tidak pusing memikirkan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Setidaknya jika menikah dengan alasan kekayaan seseorang akan bahagia di dunia. Uang memang bukan segalanya tapi segalanya membutuhkan uang. Meski demikian, harta bukan lah segalanya.

harta hanya titipan dari Allah SWT yang kapan saja bisa diambil dengan mudah. Harta bisa menjadi kesabaran dan kesyukuran. Banyak harta banyak bersyukur. Sedikit harta banyak bersabar.

2. Karena Keturunannya

Cara mencari pasangan hidup menurut Islam yang selanjutnya adalah memperhatikan keturunannya atau nasabnya. Hal ini penting diperhatikan, keturunan berisi gen yang akan terus diwariskan sampai anak cucu nantinya. Umat Islam dianjurkan memiliki keturunan yang baik dan memilih wanita yang subur agar mendapat keturunan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Psychology Spot menunjukan bahwa gen kecerdasan anak berasal dari kromosom X, yaitu kromosom dari ibu. Penelitian lain juga menyatakan bahwa tingkat kecerdasan IQ anak bergantung pada besar IQ ibu.

Jadi memilih calon istri yang pintar akan berdampak pada keturuan kita selanjutnya.

3. Karena Kecantikannya

Kecantikan adalah sesuatu yang bisa langsung dipandang dan bisa menjadikan ketenangan bagi mereka yang memandangnya. Mempertimbangkan kecantikan bisa jadi cara mencari pasangan hidup yang baik. Kecantikan adalah anugrah dari Allah SWT.

“Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.” (H.R. Ath Tabrani)

Memilih berdasarkan kecantikan memang tidak akan berlangsung lama, karena semua akan berubah sesuai dengan usia yang semakin menua. Tapi setidaknya kecantikan tersebut bisa menenangkan hati dan bisa meningkatkan kepercayaan diri.

4. Karena Agamanya

Cara mencari pasangan hidup yang terakhir yaitu dengan memikirkan agama dari calon istri. Ketika harta, keturunan, dan kecantikannya tidak ditemukan maka carilah pasangan yang selalu memperhatikan agamanya. Kenapa agama menjadi yang terakhir?

Ketika agamanya baik tidak ada salahnya menjadikan dia sebagai istri. Laki laki yang baik untuk wanita yang baik, wanita yang baik untuk laki laki yang baik pula. Seorang wanita yang taat agama akan menjaga diri dan keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Harta, keturunan, dan kecantikan bukanlah jaminan kebahagiaan, tapi agama bisa menjadi pegangan yang kokoh untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

 

Terbaru

Cara Menghemat Biaya Aqiqah si Buah Hati

Hal yang paling ditunggu setiap pasangan adalah lahirnya buah hati…

Menggabungkan Qurban dan Aqiqah

Apabila waktu qurban bertepatan dengan aqiqah, seperti apabila seseorang ingin…

4 Cara Mengatasi Anak Yang Sulit Bangun Pagi

Kebiasaan baik perlu ditanamkan sejak dini. Mengapa ? Karena Jika…

Tips dari Rasulullah SAW dalam Memilih Pasangan

Rasulullah SAW bersabda,  “Wanita dinikahi karena empat hal: karena…